Selasa, 25 Juni 2013

administrasi keguruan

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Menyelenggarakan pendidikan bermutu menjadi tugas guru sebagai amanah dari segala pihak. Program peningkatan pendidikan melalui peningkatan kualitas guru memang merupakan pilihan prioritas yang logis. Hal seperti ini juga membanggakan bagi guru. Karena berarti, profesi guru dipandang sebagai profesi yang teramat mulia dan strategis dan mendapat perhatian lebih.

Sebagai guru yang profesional, maka hendaknya dalam kegiatan pengajaran guru telah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menunjang kesuksesan dalam penyamapaian materi ataupun manajemen yang terkait. Maka dari itu, guru membutuhkan Administrasi yang disebut dengan Administrasi Guru.




B. Rumusan masalah
a. Apa pengertian Administrasi guru?
b. Bagaimana peranan guru dalam memegang administrasinya?
c. Apa saja yang termasuk dalam Administrasi guru?

C. Tujuan
a. Mengetahui pengertian administrasi guru
b. Mengetahui peranan guru dalam menjalankan administrasi di kelas
c. Mengidentifikasi macam-macam Administrasi Guru



BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Administrasi Guru

1. Pengertian Administrasi
Kata “administrasi” berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata ad dan ministrare. Kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam bahasa inggris, yang berarti “ke” atau “kepada”. Dan ministrare sama artinya dengan kata to serve atau to conduct yang berarti “melayani”, “membantu”, atau mengarahkan”. Dalam bahasa inggris to administer berarti pula “mengatur”, “memelihara” (to look after), dan “mengarahkan”.
Jadi, kata “administrasi” dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.

2. Pengertian Guru
Guru adalah suatu sebutan jabatan, posisi, dan profesi bagi seseorang yang mengabdikan dirinya dalam bidang pendidikan melalui interaksi edukatif secara terpola, formal, dan sistematis.

Jadi yang di maksud dengan administrasi guru adalah, segala hal yang di butuhkan oleh seorang pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran guna tercapainya tujuan umum pendidikan.

B. Guru sebagai pemegang Administrasi Kelas

Proses pembelajaran berhasil dan mutu pendidikan dapat meningkat apabila guru mampu memahami dan menghayati profesinya dan dan tentunya guru yang memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan sehingga membuat proses pembelajaran aktif, Semua unsur dari Pendidkan dan tenaga kependidikan (PTK) mampu menciptakan suasana pembelajaran inovatif, kreatif, dan menyenangkan. (PTK) dalam melaksanakan tugas profesinya dihadapkan pada berbagai pilihan, seperti cara bertindak bagaimana yang paling tepat, bahan belajar apa yang paling sesuai, metode penyajian bagaimana yang paling efektif, alat bantu apa yang paling cocok, langkah-langkah apa yang paling efisien, sumber belajar mana yang paling lengkap, sistem evaluasi apa yang paling tepat, dan sebagainya.

Administrasi guru mutlak diperlukan sebagai persiapan mengajar didepan kelas. Dengan adanya buku administrasi guru, sang guru akan mampu mengontrol dirinya dalam setiap sikap dan perbuatan pembelajarannya serta dapat dipertanggungjawabkan di depan publik dan komunitas pembelajaran.


C. Macam-macam Administrasi Guru
Seorang guru dituntut untuk memiliki profesionalitas yang tinggi terutama guru yang sudah memiliki sertifikat guru. Selain harus mempunyai beban mengajar 24 jam tatap muka setiap minggu, seorang guru juga dituntut memiliki perangkat administrasi dimana nantinya perangkat tersebut yang akan menunjuang proses pembelajaran.
Yang termasuk dalam kelengkapan administrasi Guru adalah :

a. Administrasi utama

1) Silabus
Sebuah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran yang mencakup SK, KD, Materi pokok, Kegiatan pembelajaran, Indikator pencapaian kompetensi penilaian, Alokasi waktu, dan sumber belajar.
2) Kalender Pendidikan
Kalender yang digunakan sebagai acuan untuk melakukan kegiatan yang berhubungsn dengan proses akademik, seperti ujian semester, dan lain-lain.
3) ProgramTahunan
Suatu program belajar mengajar yang di susun oleh guru berdasarkan kurikulum untuk mempermudah proses mengajar dalam jangka waktu 1 tahun.





4) Program Semester
Suatu program belajar mengajar yang di susun oleh guru berdasarkan kurikulum untuk mepermudah proses mengajar dalam jangka waktu 1 semester.
5) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sebuah perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar.
6) Rencana Pelaksanaan Harian
Sebuah perangkat yang mendukung guru dalam mengajar selama satu pekan penuh.
7) Buku Pelaksanaan Harian
Sebuah buku yang di gunakan oleh guru dalam mengajar selama satu pekan.
8) Presensi Siswa
Suatu naskah yang di gunakan untuk mencacat kehadiran peserta didik.
9) Catatan Hambatan Belajar Siswa
Suatu perangkat dalam pembelajaran untuk mengetahui hambatan apa saja yang di alami oleh siswa dalam memperoleh pelajaran.

10) Daftar Buku Acuan
Daftar dari buku yang digunakan sebagai patokan untuk menentukan buku pegangangannya.
11) Standar kompetensi dan kompetensi dasar
a. SK adalah ukuran kemampuan minimal yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus di capai, di ketahui, dan mahir di lakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang di ajarkan.
b. KD adalah penjabaran standar komptensi peserta didik yang cakupan materinya lebih sempit di bandingkan standar kompetensi peserta didik





b. Sistem Penilaian

12) Analisis KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
Suatu sistem penilaian dengan menggunakan acuan atau kriteria tertentu dalam menentukan kelulusan peserta didik.
13) Kisi-kisi Soal
Inti materi yang akan dikonversikan menjadi soal.
14) Buku Soal Ulangan
Buku yang berisi seluruh soal dari semua mata pelajaran
15) Analisis Butir Soal
Dilakukan untuk mengetahui apakah soal itu valid atau tidak. Dari hasil validitas itu dapat ditentukan soal mana saja yang dapat di jadikan alat evaluasi.
16) Program remidial dan pengayaan
Suatu bentuk kegiatan untuk melakukan perbaikan di salah satu mata pelajaran yang nilainya dibawah KKM.
17) Daftar nilai
Suatu bentuk daftar yang mencantumkan nilai dari semua mata pelajaran.
18) Buku Tugas mandiri Terstruktur
Tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa yang harus diselesaikan dengan batas yang telah ditentukan oleh guru.
19) Buku Tugas Mandiri tidak terstruktur
Tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa yang diselesaikan dan dikumpulkan pada batas maksimum yang ditentukan oleh guru dan siswa boleh mengumpulkannya kapan saja, yang paling penting adalah antara rentang batas maksimum yang telah diberikan.
20) Analisis Hasil Ulangan
Analisis untuk menentukan bagaimana penguasaan ¬¬¬¬siswa terhadap kompetensi yang diujikan.





c. Perangkat Tambahan

21) Jadwal mengajar
Jadwal yang dipegang oleh guru sebagai pedoman untuk mengetahui hari mengajarnya.
22) Buku batasan pelajaran
Salah satu kelengkapan administrasi yang berupa catatan batasan materi yang telah di sampaikan pada siswa.
23) Daftar buku pegangan
Buku pelajaran yang digunakan guru sebagai media bantu pembelajaran.
24) Jadwal pelajaran
Naskah yang berisikan berbagai macam pelajaran yang dipelajari selama satu minggu.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar