Selasa, 06 Agustus 2013

Yang Muda Ingin Terlihat Tua, yang Tua Ingin Terlihat Muda



Aku kurang mengerti dengan manusia zaman sekarang. Makin aneh saja. Aku perhatikan, anak kecil pada berlomba-lomba supaya terlihat tua (baca: dewasa). Di usia yang masih sangat belia, mereka berdandan full make-up, memakai perhiasan berlebihan, dan pakaian yang cukup dewasa (tidak sesuai dengan umur mereka). Di mall, aku pernah (bahkan sering) jumpa sama anak berusia sekitar 5-7 tahun yang memakai high heels dan pakaian yang ‘dewasa’. Hell yeah! What is the point? Aku melihat ibunya di sebelah, well aku langsung tahu itu ulah siapa. You know who.

Aku juga sering baca majalah remaja dan melihat foto anak-anak ‘tua’ ini. Aku tidak membayangkan berapa umur model di majalah remaja ini. Mamaku aja tertipu sama gaya mereka. Aku pernah iseng nanya ke mama ‘tebak ma, cewek ini umurnya berapa?’. Mama jawab ’21 tahun ya?’ HAHAHA dan ternyata umur cewek di dalam majalah itu masih 13 tahun. Bayangikan aja gimana dewasanya gaya si anak sampai membuat mamaku tertipu!

Sebenarnya, fenomena ini terkait dengan peran orang tua dalam mendidik dan memahami pola perkembangan anak. Sehingga mereka bisa membimbing anak sesuai dengan usia anak. Selain itu, apalagi kalau bukan peran media dalam mempengaruhi mindset anak. Lagu-lagu cinta yang dibawain oleh anak ‘bau kencur’ dan sinetron/drama percintaan yang berlatar belakang anak SD (anak SD aja udah bahas cinta?!) berpengaruh pada gaya hidup anak masa kini. Percaya atau tidak.

Kalau tadi kita membahas yang muda ingin terlihat tua, ada fenomena lebih unik lagi nih. Yang tua malah ingin terlihat muda! Walah walah #gelengkepala. Aku melihat beberapa orang tua yang umurnya udah berkepala empat dan lima (enggak muda lagi deh!), pada pengen bergaya layaknya anak ABG. Haduh miris! Kalau bisa, memilih pakaian pun yang sesuai dengan trend masa kini. Milihnya di bagian pakaian remaja #ngakak.

Sebagai anak muda, kadang aku cuma bisa geleng-geleng kepala sendiri melihat tingkah mereka. Mungkin sisi positifnya, si ibu/bapak ingin terlihat tetap modis meskipun umurnya sudah tidak muda lagi. Dengan kata lain, ingin menunjukkan eksistensi diri. Selama si ibu/bapak masih sadar sama umurnya sih tidak masalah. Ini terkadang gayanya malah melebihi gaya anak muda itu sendiri #kacau.

Itu masih dari segi pakaian. Kadang malah si bapak/ibu ini kan pada aktif media sosial (misalnya Facebook/Twitter), terus buat statusnya yang 4L4Y gitu. Misalnya, setelah melakukan sesuatu, langsung buat status. Atau buat status yang galau (contoh: Aduh bingung nih, mau makan di restoran A atau restoran B yach?) #mbeeek. Terus kadang mereka narsisnya itu tidak ketulungan. Posting foto sendiri tiap angle #gubrak. Memang tidak ada salahnya sih melakukan itu semua, tapi kadang miris sendiri liatnya. Kok bisa?!

Nah, kalau fenomena ini bisa terjadi karena beberapa penyebab. Pertama, kemungkinan masa muda yang belum memuaskan. Mungkin dulu waktu muda, mereka enggak sempat/enggak bisa melakukan hal-hal seperti itu. Jadi di usia yang udah tidak muda ini, mereka masih bersikap layaknya anak muda (istilah lain #puberkedua haha). Penyebab kedua, bisa juga karena pengaruh lingkungan. Mungkin mereka punya anak yang beranjak remaja atau teman-teman yang masih bergaya muda, jadi ya kebawa suasana. Kalau mau dibahas sih, penyebab fenomena ini ada banyak banget.

Kalau dilihat sekilas dari judulnya saja, mungkin sudah bisa buat kita semua berpikir. Yang muda ingin terlihat tua, yang tua ingin terlihat muda. Bertolak belakang kan? Perumpamaannya sih gini: waktu dulu masih kecil, kita pengen cepat dewasa karena merasa akan lebih bebas berperilaku (tidak dikekang atau diatur orang tua). Tapi ketika sudah dewasa, kita malah ingin balik jadi anak-anak lagi, karena waktu kecil itu kita tidak punya banyak beban pikiran dan masalah. Pernah merasakan hal itu?

Tapi hidup ini kan tidak bisa diatur sesuai dengan keinginan kita. Walaupun pada hakikatnya, manusia sering berubah-ubah. Sekarang ingin ini. Besoknya ingin yang lain. Susah bertahan pada satu keinginan saja. Hal itu serupa dengan judul artikel ini. Setiap manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang ia dapatkan. Yang muda ingin terlihat tua. Yang tua malah ingin terlihat muda.

Kalau aku sih inginnya jalani hidup sesuai dengan umur aja deh. Sekarang umur kamu berapa? Ya sesuaiin aja layaknya perkembangan di usia kamu. Orang lain pun melihatnya akan merasa nyaman. Bagaimana menurut kamu? Setuju atau punya pendapat lain? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar